Panduan Informasi Beasiswa Uggulan

Panduan Informasi Beasiswa - Beasiswa Unggulan adalah pemberian bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia atau pihak lain berdasarkan atas kesepakatan kerja sama kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih.

Pemberian Beasiswa Unggulan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing di atas disalurkan melalui lembaga atau instansi pengusul, antara lain: perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga kemasyarakatan, industri, dan instansi pemerintah lainnya dalam kerangka menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif (Insan Kamil/Insan Paripurna) sesuai dengan visi Pendidikan Nasional 2025.

Pengertian unggulan dalam program beasiswa ini adalah keutamaan pada pengembangan sistem pembelajaran, prestasi calon peserta dan bidang studi yang dikembangkan di perguruan tinggi penyelenggara. Sehingga pemenuhan arti unggulan dapat salah satu, salah dua atau semuanya hal tersebut.

Program Beasiswa Unggulan mensyaratkan bagi perguruan tinggi penyelenggara agar melaksanakan program kembaran atau gelar ganda (double degree (DD) dan/atau joint degree (JD)). Ketentuan ini sesuai yang diamanatkan dalam Permendiknas nomor 20 tahun 2009 tentang Beasiswa Unggulan. Dengan cara inilah maka harapan dari program studi yang menyelanggarakan double degree dapat mendukung perwujudan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University (WCU). Pada akhirnya bila WCU bisa dicapai, maka lulusan dari perguruan tinggi tersebut diharapkan dapat diterima pasar global.

 Adpun Visi dan Misi yang diterapkanoleh kemdiknas dalam proses nya, antara lain sebagai berikut :

Visi :Melahirkan kader terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan secara komprehensif, integritas dan kredibilitas tinggi, berkepribadian, moderat serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara.

Misi :
  1. Menumbuhkan kader terbaik bangsa dari berbagai daerah dengan latar belakang dan budaya yang bervariasi melalui proses pendidikan dan akulturasi dari berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat membangun potensi daerah masing-masing untuk kepentingan nasional.
  3. Menghasilkan lulusan melalui program integrasi dari berbagai disiplin ilmu yang lulusannya memiliki daya saing dan integritas yang handal.
  4. Meningkatkan kapasitas individu untuk berkontribusi kepada daya saing bangsa.
Untuk lebih jelas bagaimana, cara dan untuk apa Program Beasiswa Unggulan, silahkan menuju ke site nya langsung http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/ atau anda bisa Download Panduan Lengkap : Disini


Sumber : http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/